Menjaga Kebahagiaan di Masa Pandemi

Oleh: Yanuardi Syukur | Tanggal : September 17, 2020



Presiden Rumah Produktif Indonesia

Satu hal yang harus dijaga di masa pandemi ini adalah kebahagiaan. Kebahagiaan adalah perasaan bermakna yang dirasakan seseorang ketika menjalani kehidupannya.

Pandemi yang kita rasakan sekarang ini tentu saja sedikit mengganggu kebahagiaan kita akan tetapi sebagai makhluk yang berakal kita harus berusaha bagaimana tetap bahagia dalam kondisi apapun.

Agar bahagia kita perlu memulainya dengan pandangan dunia yang bahagia. Maksudnya, sebuah perspektif umum tentang kehidupan dunia ini yang pasti berputar di antara bahagia dan tidak bahagia, sedih dan senang, susah dan mudah, dan di atas atau di bawah.

Dengan pemahaman itu kita jadi mengerti bahwa fenomena perubahan yang terjadi secara global maupun regional, nasional, bahkan komunal adalah sesuatu yang biasa dalam perjalanan sejarah umat manusia.

Maka, tetap bahagia dalam segala suasana sangat penting bagi eksistensi Kita sebagai manusia. Sebaliknya, sikap tidak bahagia atau pesimisme adalah bertentangan dengan tabiat dasar manusia sebagai pemimpin yang mutlak berbahagia agar bisa bermakna bagi manusia lainnya.

Kebahagiaan tidak bisa hanya dirasakan sendiri tapi harus disebarkan kepada orang lain. Media sosial yang kita punya sepatutnya menjadi sarana untuk menyebarkan narasi narasi kebahagiaan, semangat dan optimisme, serta penghiburan bahwa selalu ada makna dibalik semua yang terlihat oleh mata, terasa oleh hati, dan terdengar oleh telinga.

itulah yang membuat kenapa kita sebagai manusia perlu menyeimbangkan antara kebahagiaan personal dengan kebahagiaan komunal. Kita harus bahagia dulu secara personal untuk kemudian membahagiakan komunitas. Walaupun tak jarang kita jadi berbahagia disebabkan oleh komunitas.

Di masa pandemi seperti sekarang kita perlu bersama-sama membahagiakan diri dan membahagiakan komunitas kita masing-masing dengan cara yang sangat beragam. Khusus di Rumah Produktif Indonesia, perkumpulan yang kita kembangkan bersama-sama ini makna kebahagiaannya adalah ketika kita bisa memberi dalam hal-hal yang kita minati atau kita bisa untuk itu.

Saling memberikan apresiasi di grup WhatsApp, publikasi tulisan di website, menghadiri berbagai kegiatan di Zoom atau Google Meet, adalah bagian dari upaya untuk menciptakan kebahagiaan personal sekaligus komunal.

Mari terus sebarkan narasi bahagia kepada sesama.


Tags: , , , ,

Yanuardi Syukur

Bio:

President of Rumah Produktif Indonesia

Related Posts


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *