Hidupkan Budaya Literasi Di Dunia Birokrasi

  • Whatsapp

Salah satu cara mendapatkan inspirasi dan energi positif untuk membangkitkan raksasa tidur dalam diri kita, serta menumbuhkan semangat untuk berprestasi adalah dengan cara belajar dari orang-orang sukses dan inspiratif di bidangnya.

Divisi Minangkabau Rumah produktif Indonesia Sumbar bekerjasama dengan Satu Birokrat Satu Buku (Sabisabu) menggelar seminar bedah tokoh minang yang menghadirkan putra asli Minangkabau, seorang birokrat di Kemenpan RB, Adrinal Tanjung, kemaren (12/12) di zoom meeting. Acara ini dimoderatori oleh Angga Putri, Direktur Divisi Minangkabau RPI Sumbar.

Yanuardi Syukur, Presiden Rumah Produktif Indonesia yang didaulat untuk memberikan kata sambutan pada acara ini menyampaikan apresiasinya atas kerja tim RPI Sumbar dalam mengangkatkan acara bermanfaat ini. “Acara bedah tokoh ini tidak bertujuan untuk memuji berlebihan seorang tokoh, tidak sama sekali. Acara ini adalah salah satu cara kita untuk belajar banyak dari kegigihan, kesungguhan dan semangat seorang tokoh minang, Adrinal Tanjung. Tentang bagaimana ia bertahun-tahun tanpa kenal lelah selalu menghidupkan budaya literasi di kalangan birokrasi, bahkan kalau boleh dikata, ia adalah seorang provokator dalam artian yang positif, dengan menyemangati banyak orang agar selalu memanfaatkan potensi dirinya agar selalu membaca dan menulis. Ini patut kita apresiasi,” Ujar Yanuardi ketika menyampaikan kata sambutannya.

Acara yang berlangsung selama hampir dua jam ini berlangsung santai, asyik dan seru. Mutya Quratul Aini, Direktur Divisi Humas RPI Sumbar yang juga menjadi moderator acara ini, memberikan banyak pertanyaan kepada Adrinal tentang liku-liku perjalanannya di dunia literasi.

Adrinal memulai karir kepenulisannya dengan menjadi salah satu redaktur di majalah internal kemenpan. Inilah yang menjadi cikal bakal ia menyeriusi dunia tulis menulis. Tak kurang dari 30 buku telah lahir dari tangannya.

Baginya, aktivitas menulis adalah kegiatan yang membuat bahagia. Ia selalu menyediakan waktunya untuk membaca alam dan banyak kejadian, merenungkannya, lalu mengikatnya dalam tulisan-tulisannya hingga terbit menjadi buku. Bukunya yang berjudul Bukan Birokrat Biasa mendapatkan banyak apresiasi dari khalayak. Kini ia tengah bersiap untuk meluncurkan buku Bukan Birokrat Biasa 2. Buku yang juga berisi banyak inspirasi bagi kalangan birokrat dan umum. Melalui Komunitas Sabisabu yang baru ia dirikan, Adrinal bertekad, akan menghidupkan budaya menulis di kalangan birokrasi sehingga ia menjadi aktivitas baik yang melekat pada jiwa dan diri setiap birokrat di negeri ini.

Dalam acara yang berlangsung hangat ini, panitia juga membagikan hadiah berupa buku dan pulsa bagi lima orang peserta yang beruntung. “Saya beruntung sekali dapat hadir di acara ini, selain mendapatkan hadiah, saya juga mendapatkan inspirasi yang menggugah dari seorang sosok Adrinal Tanjung,” ujar Leni Wardiani. Salah seorang peserta di acara tersebut.

*Penulis adalah Ketua DPW RPI Sumatra Barat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *