RPI Gelar Kursus Bahasa Prancis, Tutor Dr. Jeanne Francoise

  • Whatsapp

DPP Rumah Produktif Indonesia kembali menggelar kursus bahasa Prancis yang sebelumnya telah berjalan beberapa kali dengan tutor Dr. Jeanne Francoise, ilmuwan defense heritage lulusan Universitas Pertahanan RI yang juga Ketua DPP RPI Bidang Bahasa. Jeanne juga aktif sebagai Peneliti Balitbang Kementerian Pertahanan.

Pertemuan sebelumnya telah berjalan beberapa kali dengan materi dasar seperti kosakata dan kalimat dalam bahasa Prancis. Direncanakan program ini berjalan untuk tiga bulan. Peserta yang bergabung di atas 50 orang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri.

Read More

Acara pertama diadakan pada 30 Oktober 2020 pukul 13.00WIB di zoom meeting. Peserta sangat antusias untuk bergabung. “Semoga suatu saat bisa ke kota Sungai Seine,” tulis Riwayatul Ismi, pengurus RPI Sumbar. Sungai Seine adalah sungai utama di Prancis bagian barat laut yang merupakan alur lalu lintas air dan destinasi wisata, khususnya dalam kota Paris.

Dalam tulisannya ‘Manfaat Belajar Bahasa Asing’, yang dipublikasikan di Facebook, 3 Oktober 2020, Presiden RPI Yanuardi Syukur menulis, “Tujuan kita belajar bahasa asing bukan untuk menjadi orang asing, tapi untuk mengenal budaya luar.”

“Dengan demikian wawasan kita jadi luas, serta dapat menjadi bekal dalam mencari ilmu, teman, atau ketika berkomunikasi dengan native. Tentu saja kita tetap menjadi orang Indonesia dan pikiran dan jiwa yang Indonesia.”

“Jadi, belajar bahasa asing tidaklah membuat kita menjadi orang asing, atau dijajah oleh asing. Bahasa adalah sarana. Siapa yang kuasai bahasa dia kuasai dunia, begitu katanya. Betul. Para tokoh bangsa umumnya bisa berbahasa asing, dan dengan itu mereka berjuang untuk diplomasi Indonesia.”

“Kini, setelah puluhan tahun merdeka kita belajar bahasa asing selain untuk memperluas pengetahuan juga untuk mengambil yang terbaik dari luar untuk Indonesia.” Demikian tulis Yanuardi yang mengucapkan terima kasih untuk semua teman yang telah berkontribusi dalam pembelajaran bahasa asing di RPI.

Program Bahasa Prancis kembali dijalankan sebagai salah satu program unggulan dari Bidang Bahasa RPI untuk melayani bangsa lewat mempelajari bahasa asing. Menurut Jeanne, “bidang juga ini tidak hanya akan belajar bahasa tapi juga akan mempelajari budaya yang dekat sekali dengan bahasa.”

Kursus bahasa Prancis kembali dibuka pada Jum’at 19 Februari 2021 oleh tutor Dr. Jeanne Francoise dan host S. Laras Wulan. “Peserta yang ingin mendaftar bisa langsung DM ke IG @Mocchan21,” kata S. Laras Wulan yang juga Ketua DPP RPI Bidang Parenting sekaligus project leader buku antologi parenting RPI yang ditulis oleh ibu rumah tangga hingga professor.

Setelah sebelumnya bidang bahasa di RPI terpisah-pisah seperti Bahasa Inggris, Arab, Cina, dan Korea, kini bidang bahasa digabungkan dalam satu bidang agar memudahkan program kerja sebanyak 2 buah per tahun. “Program kerja tiap bidang di DPP dan juga di seluruh DPW dan DPD hanya 2 saja, tapi usahakan 2 itu program monumental yang dapat terus diingat,” kata Presiden RPI Yanuardi Syukur.

Bidang Bahasa DPP RPI saat ini diketuai Dr. Jeanne Francoise dan sekretaris Widya Rizky Pratiwi, kandidat doktor dari Universitas Negeri Makassar, yang sebelumnya Wasekjen RPI, Deputi Direktur RPI English School, dan penulis buku Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare (2020), yang mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, salah satunya Wakil Bupati Bulukumba, H. Tomy Satria Yulianto.

Anggotanya adalah Tutus Indah Aryuni, pengusaha Dapur Ummah, Surabaya, yang sebelumnya Divisi Bahasa Inggris, Tri Utari, dosen di Jogja yang sebelumnya Divisi Bahasa Inggris, dan Khalil Nurul Islam, penulis buku Semua Ada Jalannya (2020), yang sebelumnya Divisi Bahasa Arab, dan serta Musdalifah Mansur, lulusan UNM Makassar yang sebelumnya di Divisi Bahasa Inggris.

Selain itu, bidang ini juga diperkuat oleh Kaidah Yunia yang sebelumnya Divisi Bahasa Inggris dan aktif sebagai tutor di Kampung Inggris, Pare, Muta’addibah Ashri yang sebelumnya Ketua Divisi Bahasa Arab, lulusan LIPIA Jakarta dan mengajar di Ma’had Aisyah Binti Abu Bakar, Bogor, serta A. Ariny Syahidah, lulusan Ponpes Darul Istiqamah, Maros yang yang sebelumnya Divisi Bahasa Inggris dan menamatkan S2 Bahasa Inggris di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Dalam bidang ini juga ada Maimunah Dairani yang sebelumnya Divisi Bahasa Arab, alumni ekonomi dan bisnis Universitas Taibah, Madinah dan kini menjadi pengajar Bahasa Arab di UIN Antasari, serta Fara V. Syahrini dan Mustabsyirah, keduanya sebelumnya Divisi Bahasa Korea yang juga dikenal sebagai pengamat budaya Korea di Indonesia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment