Selamat Datang Buku Perdana “Bait Hati kepada Cinta”

  • Whatsapp

Oleh: Maghdalena*

Buku adalah jendela ilmu. Buku juga adalah jendela hati. Setiap goresan di dalamnya terlahir dari sebuah pemikiran yang panjang. Terkadang ia terejawantah dari hasil debat alot antara kecamuk rasa di jiwa. Tak jarang ia hadir karena desakan dan peperangan idealisme yang membuncah dalam pikiran hingga merasuk ke sukma.

Read More

Sebuah kolaborasi yang apik antara otak yang cemerlang, hati yang teguh, dan jemari yang lihai menorehkan kata-kata.

Kelahiran sebuah buku adalah sebuah bukti akan adanya produktivitas. Keberadaannya menjadi penanda adanya manusia-manusia produktif yang tak ingin berdiam diri saja tanpa karya. Manusia yang menyadari bahwa kehadirannya di dunia adalah untuk memberikan banyak kontribusi, mencetak prestasi.

Rumah Produktif Indonesia Sumatra Barat mengawali tahun 2021 dengan mengadakan proyek antologi bertema “Surat untuk yang Tercinta”. Proyek ini dimulai pada tanggal 7 Januari, dan ditutup pada 31 Januari 2021.

Sebanyak 29 orang pegiat literasi turut serta dalam proyek ini. Mereka menulis berbagai surat untuk orang-orang yang mereka cintai. Ada yang ditujukan kepada pasangan,orang tua yang telah pergi, kekasih hati, anak yang telah meninggal, benda kesayangan, dan lain-lain sebagainya.

Membaca surat demi surat dalam buku ini, membuat kita harus bersiap dibawa melambung ke langit tinggi dalam romantisme yang membuat pipi bersemu, melayang di antara awan, kemudian dihempaskan ke samudera dalam rasa duka yang dalam. Buku ini menjadi tempat para kontributor menghamparkan segala rasa, sukacita, kepedihan, juga harapan dan impian.

Ada banyak pesan kebaikan yang tersirat maupun tersurat di dalamnya. Membuat kita mau tak mau, suka ataupun tidak, berkaca ke dalam nurani yang murni. Menjadikannya pelajaran untuk lebih berhati-hati, lebih tabah, lebih bahagia di masa yang akan datang.

Setelah naskah terkunpul, tidak menunggu lama, panitia proyek, divisi literasi RPI Sumbar yang diketuai oleh Erit Naframita, segera melakukan swasunting dan mengirimkan naskah yang telah terkumpul tersebut kepada penerbit.

Ada empat endorse di dalam buku perdana RPI Sumbar ini, yaitu presiden DPP RPI Yanuardi Syukur, sekjen RPI Kurniadi Sudrajat, Ketua DPP RPI bidang jaringan dalam negeri Fahruddin Achmad dan Ketua DPP RPI bidang literasi nasional, Nur Indrawati Pary. Semuanya memberikan dukungan dan support positif dalam proses lahirnya buku ini.

Semoga buku yang diberi judul “Bait Hati kepada Cinta” ini mampu memperkaya khazanah literasi bangsa ini. Turut andil dalam menumbuhkan minat baca generasi bangsa, serta menjadi pemicu semakin derasnya semangat produktivitas.

Nantikan karya pegiat literasi Rumah Produktif Indonesia selanjutnya. Mari penuhkan semesta di tahun ini dengan optimisme dan semangat untuk terus berkarya.[]

*Penulis adalah ketua DPW RPI Sumatra Barat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *