RPI Sumbar Gelar Kelas Online Perdana Public Speaking

  • Whatsapp

“Pemikiran kreatif adalah tiangnya kesuksesan public speaking.”

Hal tersebut disampaikan oleh Andayani Yoseph atau yang lebih akrab disapa Anda pada kelas online Komunitas Public Speaking from Home (PUSH) RPI Sumbar yang diadakan di zoom meeting hari sabtu, 7 Maret 2021. Kelas online ini dihadiri oleh para partisipan PUSH yang  memiliki semangat yang sama untuk mengasah keterampilannya di bidang public speaking.

Anda mengawali kelas tersebut dengan mengajukan pertanyaan tentang kelebihan diri masing-masing peserta.
“Salah satu hal penting dalam pencapaian kesuksesan dalam public speaking adalah bagaimana kita mengenal diri sendiri, mampu mengidentifikasi kelebihan diri dan memaksimalkan potensi diri tersebut,” ujar Anda pada saat memberikan materi.

Karena seorang public speaker yang andal bukanlah seorang yang ragu-ragu, tidak pede, tidak tahu dengan potensi dirinya dan insecure.
“Kalau kita tidak pede, bagaimana mungkin kita bisa membuat orang lain yakin dengan apa yang kuta sampaikan?” katanya lagi dengan bersemangat.
Pada kelas kali ini, Anda selaku ketua PUSH dan juga sehari-hari bekerja sebagai Direktur Marketing Classy Coorporation, menekankan pada pentingnya pemikiran kreatif bagi seorang public speaker.

Setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan oleh seorang public speaker agar memiliki pemikiran yang selalu kreatif. 

Pertama, lakukan kebiasaan lama dengan cara baru. Hal ini untuk membuat terjadinya keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri. Misalnya, sesekali cobalah menulis dengan tangan kiri. Atau menggunakan mouse dengan tangan kiri dan lain-lain. Hal ini mampu mengasah otak kiri dan kanan agar seimbang, dan dengannya pemikiran kreatif dapat terasah dengan baik.

Kedua, pelajari bahasa baru. Ini bisa menjadi semacam penyegaran yang membuat kita mampu menganalisa bahasa-bahasa di dunia sehingga menambah wawasan dan juga pengetahuan baru yang berbeda dari yang selama ini telah kita pelajari.

Ketiga, jadikan tontonan sebagai tuntunan. Maksudnya adalah, pada saat kita menonton, apakah itu film, berita atau apapun, pelajari dan analisis setiap tayangan.  Perhatikan cara mereka berbicara, analisis cara mereka memecahkan masalah, oelajari cara mereka berpakaian atau berjalan. Itu akan menjadi sumber inspirasi yang akan membuat otak kaya dengan ide-ide baru.

Keempat, rajin membaca. Tidak hanya buku, tapi juga ebook, perkembangan dunia terbaru di media online dan lain sebagainya.

Salah seorang peserta, Titan, yang hadir pada kelas kali ini menyampaikan rasa antusiasnya. “Sejak mengikuti PUSH ini, mulai dari Launching,  dan diskusi-diakusi via WA grup, saya merasa mampu mengenal diri saya dengan lebih baik, juga potensi diri dan kelebihan saya,” ujarnya bersemangat.

Anda dan tim bertekad akan mengadakan kelas online ini secara rutin, sehingga diharapkan kelas PUSH ini bisa mencetak public speaker yang andal.
“Kita akan fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Berapa orang pun yang rutin mengikuti PUSH ini, kita berharap mereka adalah orang-orang yang memiliki kualitas mumpuni dalam bidang public speaking,” pungkasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *