Raihlah Mimpimu Dengan Beasiswa

  • Whatsapp

Oleh: Widya Rizky Pratiwi

“Mimpi adalah sesuatu yang mengisyaratkan sebuah harapan. Memiliki mimpi berarti menerangi kehidupan dan memberikan harapan. Maka, jangan pernah takut bermimpi. Bermimpilah setinggi-tingginya karena semakin tinggi mimpimu, semakin giat usahamu untuk meraih mimpi itu dan semakin engkau akan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi itu” Widya.

Read More

Apa mimpi kalian? Ada banyak mimpi namun tak kunjung memulai. Ada banyak harapan namun tak ada yang membersamai. Ada banyak impian yang butuh untuk diperjuangkan, namun semua itu hanya menjadi seonggok khayalan yang entah kapan akan direalisasikan.

Semuanya hanya menunggu kita untuk BANGKIT

Sebenarnya, ada banyak manusia Indonesia yang ingin kuliah namun tidak ada biaya. Ada juga yang ingin mencari beasiswa lanjut studi ke luar negeri namun tidak tahu jalurnya. Sebagian golongan yang mampu, ingin mendaftar ke Universitas ini dan itu, namun belum berani mencoba karena takut gagal. Dan mungkin saja di antara kita ada yang sudah memperoleh beasiswa luar negeri namun masih menerawang bagaimana kehidupan dan proses belajar di sana.

Siapakah yang menjadi kekuatan terbesar bangsa Indonesia saat ini? Mereka adalah kaum milenial. Kepada generasi mudalah kita menggantungkan harapan yang besar agar mampu mengangkat derajat nusa dan bangsa untuk dapat bersaing dalam kancah Internasional. Dengan cara apa? Meningkatkan mutu pendidikan. Bagaimana cara meningkatkan mutu pendidikan tersebut? Dengan cara mengasah keterampilan, mengaplikasikan strategi belajar yang tepat, mencapai jenjang sekolah tertinggi, memanfaatkan peluang-peluang beasiswa yang ada, dan masih banyak lagi rentetan pertanyaan yang harus segera terjawab.

Tentunya, berbagai pertanyaan berentetan ini memaksa kita untuk mencari alternatif terbaik agar dapat menjaga kualitas bahkan mengangkat derajat pendidikan bangsa di era yang serba maju ini agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Mengaitkan pentingnya belajar di luar negeri dan urgensinya mengetahui alur beasiswa luar negeri tak terlepas dari peranan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional pemersatu bangsa bangsa di dunia. Sehingga, Dewan Pengurus Pusat Bidang Bahasa Rumah Produktif Indonesia melihat ini menjadi sebuah peluang untuk melaksanakan sebuah webinar bertajuk “Meraih Mimpi Beasiswa di Luar Negeri”. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan terkait peluang beasiswa yang tersedia, cara melamar, persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan, tips dan triks meraih beasiswa khususnya luar negeri, serta gambaran mengenai pengalaman akademik di luar negeri.

Kegiatan yang akan dilaksanakan 17 April 2021 pukul 15.00 – 17.00 WIB via zoom ini akan menghadirkan tiga motivator dan inspirator kebanggaan Indonesia yang pernah dan sedang meraih beasiswa di luar negeri. Mereka adalah Andi Miftahul Maulidil Mursyid, M.Pd., M.Ed (Penerima Australia Award Scholarship di The University of Adelaide, Australia) yang studi saat ini menjalani aktivitas sebagai dosen ASN, Akbar Mappiare, M. Sc (Awardee LPDP LN di University of Bristol, UK) yang kembali ke Indonesia membangun FLIP English School Pare dan juga mengajar di beberapa Universitas, dan Hendriyadi Bahtiar Dg Sila, SE (Peraih Qatar Foundation di Hamad Bin Khalifa University, Qatar) yang saat ini masih sedang studi di Qatar.

Kegiatan ini akan dipandu langsung oleh sekretaris DPP Bidang Bahasa RPI, Widya Rizky Pratiwi, yang akan bertindak sebagai host dan ketua DPP Bidang Bahasa RPI, Dr. Jeanne Francoise, yang akan memberikan sambutan. Kegiatan ini juga rencananya akan mengundang PLT Gubernur Sulawesi Selatan, Bpk Sudirman Sulaiman yang akan menjadi Keynote Speaker.

Banyak orang yang mempunyai mimpi besar dan bercita-cita sekolah di luar negeri namun mereka masih minim informasi dan masih belum berani untuk memulai. Olehnya, kegiatan ini sangatlah bermanfaat. Karena selain gratis, pihak penyelenggara akan memberikan sertifikat bagi para peserta yang hadir. Webinar ini juga tentunya akan menambah wawasan, relasi pertemanan, dan pengalaman yang berharga.

Bagi teman-teman atau bapak/ ibu yang berminat untuk menghadiri acara ini akan digabungkan dalam sebuah grup Wa agar pendistribusian informasi dapat lebih terarah dan maksimal. Silahkan menghubungi akun facebook penulis Widya Rizky Pratiwi untuk informasi lebih lanjut.

Penulis Adalah Sekretaris DPP Bidang Bahasa Rumah Produktif Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *