Pertemuan Singkat yang Bermakna

  • Whatsapp

Oleh Widya Rizky Pratiwi

Selasa, 23 Maret 2021 Yusmirah Yunus, ketua DPP RPI bidang Humas RPI dan Sekretaris DPP RPI bidang Bahasa, Widya Rizky Pratiwi bertemu secara langsung di Makassar.

Read More

Pertemuan kopdar tersebut adalah pertemuan pertama setelah berkenalan selama setahun di ruang-ruang virtual melalui berbagai macam kegiatan Rumah Produktif Indonesia (RPI). Walau sebelumnya belum pernah bertemu sama sekali, Yus dan Widya sering terlibat diskusi dan obrolan ringan di berbagai sosial media lainnya seperti facebook dan whatsApp.

Dalam pertemuan tersebut, kedua aktivis RPI ini membicarakan perkembangan literasi di Makassar. Karena berprofesi sebagai tenaga pendidik, keduanya juga tak luput dari sharing pengalaman terkait dunia pendidikan dan pengajaran. Kak Yus, pendiri Rumah Pinsil sekaligus sebagai pegiat Forum Lingkar Pena Sulawesi selatan, menceritakan ketertarikannya terhadap anak-anak hingga inisiasi mendirikan sebuah Rumah Baca dan Belajar di lingkungan tempat tinggalnya.

Kak Widya pun, yang juga merupakan salah satu dosen di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), melihat ini sebagai sebuah peluang untuk melakukan kolaborasi dalam upaya mendukung perkembangan literasi di Indonesia. Dosen dan penulis ini menawarkan sebuah pengabdian berupa audiobook sebagai media edukasi dan hiburan berbasis pemanfaatan teknologi digital yang dapat didesain oleh sivitas Polimedia hingga lebih meningkatkan ketertarikan anak-anak di rumah pinsil hingga lebih mencintai cerita rakyat dan karya sastra lokal lainnya. Dalam hal ini Polimedia akan memfasilitasi ruang rekaman, peralatan rekam, tenaga ahli, dan narasumber.

Selain kesepakatan kerjasama tersebut, Kak Yus menceritakan keinginannya untuk menambah koleksi buku yang ditulis oleh Widya berjudul Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari kampung Inggris Pare (solo) dan Bait hati kepada Cinta (antologi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *