Kolaborasi Akademisi, Pecinta Alam dan Serikat Petani: Memajukan Bangsa dari Desa Tebat, Bengkulu

  • Whatsapp

Diskusi ringan bersama perangkat Desa (Bendahara Desa, sudah 3 Periode menjadi Kepala Dusun) masih mudah produktif umur 25 tahun (kaos putih), pak Kepala Dusun teman teman dari Mahasiswa Pecinta Alam MAPASTA IAIN Curup dan Gema Petani Indonesia teman teman dari UNIB. Desa Tebat terletak di Pulau Kecamatan Bermani Ulu, Rejang Lebong.

Dimulai dari pembahasan petani wanita di Desa Tebat Pulau Bermani Ulu. Profesi Petani adalah profesi yang mulai, bukan berada pada kasta pekerjaan yang bawah, dunia tidak akan bisa makan enak bila tanpa petani. Seorang ibu yang bekerja sebagai Petani menghidupi keluarganya adalah pengabdian dunia akhirat yang harus dilindungi hak nya, termasuk lahan yang dikelola nya hingga penjualan hasil pertaniannya.

Read More

Desa Tebat Pulau memiliki 9 Kelompok Tani yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian, salah satunya adalah KWT Kelompok Wanita Tani Harapan Bunda yang baru memperingati 1 Tahun KWT Harapan Bunda. Ketua KWT menyampaikan berbagai harapannya untuk kemajuan KWT Harapan Bunda dan bisa memberikan manfaat yang besar bagi Desa Tebat Pulau salah satu harapannya adalah membuat Sanggar Pembelajaran bagi Petani Wanita di Desa Tebat Pulau, memang tidak mudah, butuh proses dan pembelajaran dengan didampingi adik adik dari Mapasta IAIN Dan Gema Petani Indonesia.

Kepala Desa Tebat Pulau menyampaikan harapannya dalam sambutannya yang memberikan semangat bagi ibu ibu Petani, bahwa Pemerintah Desa ikut berpartisipasi baik secara materi dan tenaga untuk membangun dan membina kelompok tani yang ada di Desa Tebat Pulau termasuk KWT Harapan Bunda. Beliau juga mengharapkan setiap masyarakat di Desa Tebat Pulau ikut membantu program kegiatan dari setiap Kelompok Tani untuk kemajuan Desa, salah satu faktor pendukung kemajuan Desa adalah adanya semangat, dukungan dan sikap Gotong Royong dari setiap warga.

Hadirnya Serikat Petani Indonesia (SPI) dalam kegiatan Hari Ulang Tahun KWT Harapan Bunda, memberikan beberapa informasi penting diantaranya; setiap masyarakat Petani hak azasi nya sudah di lindungi oleh Undang Undang sampai ke tingkat Internasional, hal ini perlu disampaikan dan diperjuangkan, bahwa petani berhak dengan lahan yang di kelola nya, harus adanya pendampingan atau advokasi dari kasus lahan petani; mulai dari tumpang tindih kepemilikan, status lahan yang digunakan apakah lahan industri, lahan adat atau lahan Pemerintah, penting nya peran Serikat Petani Indonesia, Gema Tani Indonesia, Mapasta, Lembaga Bantuan Hukum untuk membantu dan melindungi Masyarakat Tani.

Sebagai perwakilan dari Akademisi, sudah seharusnya masyarakat Tani tidak lagi menjadi objek Tetapi menjadi Subjek dari setiap gerakan sosial, gerakan perubahan, karena yang lebih mengetahui dan memahami Problematika dan realitas sosial adalah Petani, kita Adalah fasilitator, penghubung atau relasi sosial untuk membantu masyarakat tani, menjadi penyemangat, memberikan motivasi, menuliskan dan mendokumentasikan setiap kegiatannya, untuk menjadi tulisan produk keilmuan yang berorientasi untuk membantu dan menyuarakan kehidupan masyarakat tani yang sebenarnya. Pentingnya Partisipatori Action Research PAR dilakukan, menjadi bagian dari masyarakat bukan mengambil bagian dari masyarakat.

Metodologi Partisipatori Action Research adalah cara kita untuk mengetahui dan memahami realitas dan problematika sosial masyarakat. Seperti di Desa Tebat Pulau, kehidupan masyarakatnya berasal dari tani. Mereka hidup dengan kesederhanaan, hingga sinyal untuk berkomunikasi pun tidak ada, mereka masih memperjuangkan desanya agar bisa membangun tower, sehingga anak anak mereka bisa belajar daring sesuai dengan kebijakan Pemerintah. Kita harus bantu, kita harus dampingi, karena kemajuan Desa adalah tanggung jawab kita, Desa Sejahtera, Perkotaan Sejahtera.

Belajar Bersama Kelompok Tani Desa Tebat Pulau Kecamatan Bermani Ulu Rejang Lebong, Serikat Petani Indonesia, Gerakan Mahasiswa Petani Indonesia, Mapasta IAIN Curup. (Sumarto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *