Rumah Produktif Indonesia Adakan Malam Puncak Apresiasi Puisi Tahun 2021

  • Whatsapp

Dalam rangka memperingati satu tahun usia Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia yang jatuh pada tanggal 18 Maret 2021 lalu, maka pada tanggal 12 April 2021 diadakan malam puncak penganugerahan juara lomba cipta dan lomba baca puisi tahun 2021.

Lomba puisi yang dikemas dalam sebuah program yang diberi nama Malam Apresiasi Puisi RPI 2021 ini telah dilaksanakan sejak tanggal 22 Maret dan berakhir tanggal 12 April lalu dengan diumumkannya juara lomba baca dan cipta puisi tersebut di zoom meeting.

Read More

Sebanyak 26 orang peserta lomba baca puisi dan 66 orang peserta lomba cipta puisi dari seluruh Indonesia dan juga perwakilan RPI luar negeri bersaing untuk memperebutkan gelar juara dalam ajang yang sangat produktif ini. Tercatata 90 karya yang masuk ke panitia dalam lomba cipta puisi.

Panitia kegiatan ini adalah perwakilan pengurus RPI dari beberapa DPW dan pengurus DPP, yaitu Maghdalena selaku ketua panitia yang juga merupakan Ketua DPW RPI Sumatra Barat, Muhammad Iqbal, sekretaris panitia, sekaligus ketua DPW RPI Sulawesi Selatan, Rif’atul Amini, PJ lomba yang juga merupakan pengurus DPP RPI Bidang Kesmas, Desma H, bendahara yang juga ketua DPW RPI Lampung, Akhi Dirman Al-Amin,  Ketua DPW RPI NTB dan Edrida Pulungan, ketua DPP RPI Bidang Kepemimpinan Nasional yang juga menjadi juri dalam kegiatan ini.

Malam puncak penganugerahan juara lomba puisi ini diawali dengan webinar tentang puisi bersama sastrawan nasional senior, Ahmadun Yosi Herfanda. Pada kesempatan ini, beliau mengajak para pemuda bangsa yang memiliki jiwa penyair agar melestarikan puisi sebagai salah satu kekayaan literasi bangsa.

Yanuardi Syukur, selaku Presiden RPI yang membuka kegiatan ini menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakan kegiatan ini. Ia berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan rutin untuk tahun-tahun selanjutnya.

Walaupun hanya dilaksanakan secara virtual di zoom meeting, namun acara ini tetap berlangsung dengan semarak dan meriah. Panitia telah menyiapkan video nominasi peserta yang menjadi juara, sehingga aura kompetisi dan deg-degan peserta yang harap-harap cemas menyimak pengumuman juara tetap terasa.

Pemenang lomba baca puisi bernama Ananda Zulkifli, seorang siswa SMA yang berasal dari Bima NTB yang membacakan puisi berjudul ‘Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini’ karya Taufiq Ismail. Adapun juara 1 lomba cipta puisi diraih oleh Apriansyah yang berasal dari Kota Pagar Alam Sumatra Selatan dengan karyanya yang berjudul ‘Surat kepada Layang-Layang’.

Pada malam pengumuman juara ini, para juara puncak dimintakan untuk membaca ulang puisi mereka sehingga menambah suasana khidmat acara.

Ketua panitia, Maghdalena menyampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi atas para peserta yang telah mengirimkan puisi terbaiknya, maka semua naskah puisi tersebut akan dibukukan dalam antologi puisi RPI.

“Kami sedang mengupayakan buku antologi tersebut bisa terbit paling lambat akhir bulan Mei atau awal Juni 2021. Sebagai bentuk upaya kita menghargai karya anak negeri dalam ajang lomba puisi ini,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *