Kisah Sang Petualang Mencari Makna Cinta

  • Whatsapp
Kisah Sang Petualang Mencari Makna Cinta
Sumber: Penulis

Percintaan di Masa SMA

Berawal dari dimana ada seorang pemuda yang baru mengenal cinta di waktu masa SMA sebut saja namanya Andi. Dia pernah menaruh harapan pada seorang perempuan di masa sekolah, iya juga sempat pernah pacaran sama sang kekasih selam satu tahun lebih. Hari demi hari mereka lewati bersama dan berbagi cerita dari duka maupun yang bahagia.

Hubungan itu kandas di tengah jalan karna perempuannya telah di jodoh sama orang lain. Dimana kita sendiri tahu bahwa cinta SMA itu hanyalah cinta monyet yang sering disebut sama orang atau kata yang sering dikenal di kalangan masyarakat, karena hakikatnya bukan hanya itu seorang untuk  mencari cinta sejati itu bukan hanya berbagi kebahagian dan duka tapi hanya bagaimana kita lebih dewasa untuk memilih jalan yang lebih baik.

Read More

Kita berlanjut di kehidupan sang lelaki yang ditinggal menikah oleh sang kekasih yang dicintainya. Kehidupan sang laki-laki tidak lagi di kendalikan lagi, dia hampir setiap hari bolos sekolah dan sudah jarang masuk sekolah. Dia juga sudah mendapatkan surat dari sekolah dengan berbagai kasus yang dia lakukan. Pada suatu hari ada seorang teman dari Andi mengenalkan seorang gadis keturunan dari suka Jawa yang begitu cantik, tujuannya di kenalkan sama gadis ini biar Andi bisa melupakan sang kekasih yang pergi meninggalkannya.

Kisah Cinta Andi dan Hikmah Dibaliknya

Kisah percintaan Andi bersama gadis yang di kenalkan oleh temannya tadi, dia sempat pacaran tapi tak bertahan lama. Karena Andi masih belum bisa melupakan sang kekasih yang meninggalkannya untuk menikah. Ternyata kalau untuk cinta pertama itu susah untuk sangat dilupakan dan butuh waktu lama untuk menghapus memori yang telah tertanam di dalam pikiran dan perasaan.

Singkat cerita dari pejalanan cinta Andi di masa waktu SMA bahkan setelah lulus sekeloh SMA, dia memberanikan diri untuk melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi. Tapi iya tidak mau kuliah di tempat yang sama ketika ia sekolah waktu SMA, karena iya ingin mencoba kehidupan baru di tempat yang baru. Dan Alhamdulillah Andi di terima salah satu kampus negeri yang agak jauh dari tempat tinggalnnya. Andi juga di kampusnya mendapatkan banyak teman dan berbagai daerah, suku dll.

***

Sewaktu kuliah Andi masuk dalam organisasi Ekstra kampus dan dia belajar banyak hal. Dari situ yang paling penting ia rasakan adalah cara kedewasaan untuk menghadapi kehidupan yang akan datang dan permasalahan ia dapat nanti.

Andi belajar agama di organisasi ekstra, disitu memiliki kajian tersendiri khusus laki-laki dan kajian perempuannya juga. Namun ada saatnya akan laki-laki dan perempuan itu kumpul pada  saat kegiatan bersama. Andi juga senang denangan kajian itu sendiri karan Andi bisa utarakan semua permasalahan cintanya di waktu SMA dan Ustadz di kajian itu hanya bilang sama Andi dengan QS. Al-Isra ayat 32 yang berbunyi:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk

Andi berpikir apa yang ia dengar dari nasihat Ustadz nya, bahwasanya cintanya selama ini yang ia perjuangkan selama ini hanyalah dosa semata. Bukan bukti cinta sejati melainkan hanya hawa nafsu semata, karena ia mendekati perempuan hanya berlandaskan hawa nafsunya sendiri. Bukan untuk ibadah yang semestinya dimana agama telah menagajarkan.

Menemukan Makna Cinta

Andi hampir selesai kuliah, ia mulai paham bagaimana cinta sebetulnya yang didambakan selama ini. Cinta yang melainkan untuk ibadah, bukan untuk hawa nafsu. Dia juga telah mendapatkan tulang rusuknya yang telah hilang selama beberapa tahun.

Nasihat dari Andi: “jadilah laki-laki yang bisa menerima kekurangan perempuan, karena itu adalah suatu yang jarang bisa terima seorang laki-laki karena kecantikan wajah seorang perempuan hanyalah bonus, tapi untuk menerima kekurangannya itulah jarang bisa kita terima. Dan jika masih SMA belajar dengan baik jangan pacran ataupun sejenisnya karena masih banyak tantangan setelah SMA“.

Seorang laki-laki itu adalah Imam dari keluarga. Jadi sebagai laki-laki kita butuh asumsi ilmu untuk mendidik atau mengajarkan tulang rusuknya kita tadi yang pernah hilang. Hargai Lah pasangan kalian jika suda menikah dan bahagiakanlah pasangan halal kalian, karena dia lah yang menemanimu dunia dan akhirat. Aminn

Penyunting: Saleh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment