ICMI Muda Maluku Utara Sukses Gelar Seminar Sesi 1 Bahas Tentang Geopolitik Afghanistan, Setelah Taliban Berkuasa Lagi

  • Whatsapp
ICMI Muda Seminar
Sumber: Penulis
Yanuardi Syukur

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Muda (ICMI Muda) Wilayah Provinsi Maluku Utara sukses menggelar Seminar Sesi 1, Minggu (29/08/2021). Seminar yang digelar virtual dengan meeting zoom ini. Merupakan langkah awal ICMI Muda Wilayah Provinsi Maluku Utara menjalankan program literasi dalam menjawab isu-isu terkini.

Acara seminar mengusung tema “Geopolitik Afghanistan, Setelah Taliban Berkuasa Lagi” dibuka langsung oleh Ketua Umum ICMI Muda Maluku Utara, Fadlan Muin, S.Pd., M.Si. Menghadirkan narasumber Dr (C) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si yang merupakan Putra Terbaik Maluku Utara, Antroplog Universitas Khairun dan juga Dewan Pakar ICMI Muda Maluku Utara dan dimoderatori oleh Nasrullah La Madi, S.Pd., M.Pd pengurus ICMI Muda Maluku Utara.

Read More

Dalam penyampaian materinya, Dr (C) Yanuradi Syukur, S.Sos., M.Si banyak mengulas tentang Afghanistan dan Taliban serta pengaruh negera tersebut terhadap dunia internasional dan Indonesia. Beliau menyoroti pentingnya kita memperhatikan tugas sebagai warga negera dalam menjalankan perintah pembukaan UUD 1945 tentang hubungan internasional.

“Membicarakan geopolitik luar negeri merupakan amanah Pembukaan UUD 1545, dan kita sebagai generasi muda Indonesia wajib memahami dan menjalankan amanah itu” Ujar Pria yang juga merupakan Presiden Rumah Produktif Indonesia (RPI).

Narasumber Dr (C) Yanuradi Syukur, S.Sos., M.Si menjelakan materi on zoom meeting

Acara seminar belangsung lebih seru saat moderator membuka sesi pertanyaan. Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh penanya seputar Afghanistan dan Taliban bahkan ada pertanyaan mengarah ke hal manfaat dan ancaman untuk Indonesia. Seperti bagaimana keadaan Indonesia saat Taliban kembali memimpin mengingat mereka adalah kelompok dengan gerakan garis. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dijawab dengan baik dan lugas oleh pemateri.

Sebelum acara ditutup oleh Ketua ICMI Muda Maluku Utara, Beliau menyampaikan “kegiatan literasi seperti Seminar Sesi 1 akan terus digalakkan menjadi Sesi 2, 3 dan seterusnya oleh ICMI Muda Maluku Utara dengan mengangkat tema-tema kontemporer yang terjadi di Maluku Utara, Indonesia bahkan dunia. Materi-materi seminar yang dilakukan oleh ICMI Muda Maluku Utara (rencana) nantinya akan dihimpun dan dibuatkan buku dalam bentuk buku dan bunga rampai. Hal ini mengingat pengurus-pengurus ICMI Muda Maluku Utara berlatar belakang berbagai disiplin ilmu” Tutup Fadlan Muin.

Reporter: Fadlan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *